Terbaru

Internet Kencang, Multimedia Mantap

Situshargahp.web.id - Era internet 4G segera tiba. Semua operator sudah menggelar Layanan internet 4G LTE secara komersial. Artinya, pengguna smartphone kini bisa menikmati layanan 4G di berbadi kota yang sudah dibuka. Meski awalya terbatas, tapi akan segera dibuka dengan cepat ke kota-kota lain. 

Internet Kencang, Multimedia Mantap


Kelebihan koneksi internet 4G tentu saja ada di kecepatan dan kestabilan . jika selama ini kita mengenal teknologi 3G hingga 3.5G seperti HSDPA dengan kecepatan maksimal belasan Mbps , maka koneksi LTE 4G bisa  mencapai  puluhan Mbps. 

Secara teori, koneksi 4G mampu mencapai kecepatan Hingga 100 Mbps atau lebih , dan di lapangan kecepatan tinggi, makin banyak aplikasi yang bisa dinikmati dengan nyaman. Kabar baiknya adalah beberapa,operator sudah menyatakan bawa tarif layanan 4G sama saja dengan 3G yang selama ini ada . 

Secara komisial, operator sudah menggelar layanan 4G LTE pada 6 juli di frekuensi 1800 Mhz. Telkomsel memulainya di makasar , XL mengawali di mataram, indosat di balik papan, dan Smartfren di batam. Bahkan gelaran 4G dengan teknologi lain [TTD] juga sudah ditawarkan oleah BOLT di jabotabek  dan Berca di sumatera , pada frekuensi 2300 Mhz. 

Perlu dicatat , layanan 4G LTE di indonesia digelar di frekuensi 850 Mhz dan 2300 Mhz. Ada dua teknologi yang  dipakai operator untuk menggelar layanan 4G. Operator Telkomsel , XL, indosat , dan Tri memakai  teknologi TTD. Adapun Smartfren memakai dua standar  sekaligus, yaituTTD di frekuensi 2300 Mhz dan FDD di 850 Mhz. 

Standar TTD[Time Division Duplex] melakukan proses mengirim dan menerima data pada frekuensi sama, bergantian antara keduanya. Teknologi TTD ini punya ciri  sangat cepat saat download, tapi cenderung lemah saat upload. Sementara standar FDD[Frequency division Duplex] punya akses downlod dan upload yang seimbang dan stabil. fDD mengantarkan data mengirim dan menerima dalam saluran yang berbeda. Cara ini meminimalkan gangguan yang mungkin ada serta membuat penerimaan jadi lebih baik.


0 Response to "Internet Kencang, Multimedia Mantap"